A. Pengertian Pemasaran
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
a. Philip
Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan
untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
b. Menurut Philip
Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan
managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka
butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik
produk dan nilai dengan orang lain.
c. Pemasaran
adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk
merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang-
barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta
tujuan perusahaan.
d. Menurut
W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang
ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan
mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli
maupun pembeli potensial.
B. Konsep Pemasaran
Konsep-konsep
inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi,
utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar,
pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan
dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan
kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas
yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam.
Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang
didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
C. Manajemen Pemasaran
Manajemen
pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut
Kotler dan Armstrong pemasaran adalah analisis, perencanaan,
implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk
menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan
dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangakan
manajemen adalah proses perencanaan (Planning), pengorganisasian
(organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan.
Jadi
dapat diartikan bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis,
perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk
menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan
dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan
organisasi.
Beberapa ahli pernah menjelaskan tentang pengertian pemasaran, diantaranya adalah:
1. John Westwood
Menurut
John Westwood, pengertian pemasaran adalah sebuah usaha terpadu yang
dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memberikan keuntungan/
laba kepada perusahaan.
2. Tung Dasem Waringin
Menurut Tung Desem Waringin, pengertian pemasaran adalah media untuk mengkomunikasikan sebuah nilai tambah yang lebih tinggi.
3. Philip Kotler
Menurut
Kotler, pengertian pemasaran adalah aktivitas sosial dan sebuah
pengaturan yang dilakukan oleh perorangan ataupun sekelompok orang
dengan tujuan untuk mendapatkan tujuan mereka dengan jalan membuat
produk dan menukarkannya dengan besaran nominal tertentu ke pihak lain.
4. Jay Abraham
Menurut
Jay Abraham, pengertian pemasaran adalah sebuah media untuk mencapai
kesuksesan dengan cara memberikan pelayanan peling baik kepada konsumen.
5. William J. Stanton
Menurut
William J. Stanton, definisi pemasaran adalah sistem keseluruhan dari
berbagai kegiatan bisnis atau usaha yang ditujukan untuk merencanakan,
menentukan harga barang atau jasa, mempromosikannya,
mendistribusikannya, dan bisa memuaskan konsumen.
6. Hair dan Mc. Daniel
Menurut
Hair dan Mc. Daniel, pengertian pemasaran adalah proses perencanaan dan
pelaksanaan konsepsi, penetapan harga promosi dan distribusi gagasan,
barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan konsumen dan
tercapainya tujuan organisasi.
7. Basu dan Hani
Menurut
Basu dan Hani, pengertian pemasaran adalah proses kegiatan perencanaan
dalam pengelolaan barang dan jasa, penetapan banderol harga barang dan
jasa tersebut, hingga proses promosi maupun pendistribusiannya, dimana
keseluruhan proses pemasaran bertujuan untuk memenuhi kebutuhan maupun
memperoleh laba.
Kesimpulan :
Dari
uraian diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen pemasaran adalah
sebagai kegiatan yang direncanakan, dan diorganisasiknan yang meliputi
pendistribusian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan
terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang tujuannya untuk
mendapatkan tempat dipasar agar tujuan utama dari pemasaran dapat
tercapai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar