Senin, 14 Januari 2019

SURAT ELEKTRONIK DALAM PEMASARAN

PEMASARAN MENGGUNAKAN SURAT ELEKTRONIK (Email Marketing)

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
A. Tujuan Pembelajaran

    Setelah mempelajari kegiatan belajar 5 peserta didik mampu:
1. Menjelaskan pengertian email marketing
2. Mengidentifikasi bagian-bagian surat elektronik
 3. Memahami etika dan klasifikasi surat elektronik
4. Membuat, mengoperasikan dan memanfaatkan surat elektronik untuk pemasaran


B. Uraian Materi 

1. Konsep Email Marketing



Sumber www.posindonesia.co.id dan http://tindaktandukarsitek.wordpress.com/

Pengguna internet di dunia menurut www.Internetwordstats.com mencapai 2 milyar lebih lihat Gambar 5.2, dan itu merupakan pangsa pasar yang sangat besar. 
Sumber: www.Internetwordstats.com 
Dengan perkiraan 294 miliar surat elektronik yang dikirim setiap hari dan lebih dari 1,9 miliar pengguna surat elektronik di seluruh dunia maka surat elektronik menjadi salah satu teknik marketing yang sangat baik. 
Email marketing adalah teknik pemasaran menggunakan media internet dan surat elektronik dengan tujuan menjalin hubungan dan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) untuk menarik pelanggan  

Pemasaran menggunakan surat elektronik memiliki tujuan untuk menjual, mempromosikan, menginformasikan, menjalin hubungan serta membujuk konsumen yang dikemas dalam bentuk newsletter atau surat elektronik promosi. 

Beberapa alasan mengapa surat elektronik menjadi salah satu teknik pemasaran 
yaitu:
a. Cepat dan sederhana. surat elektronik dapat dikirim dalam skala besar(banyak konsumen), konten      atau isi surat elektronik dapat dibuat berbeda-beda sesuai dengan detail kontak konsumen. Hanya        dengan menekan tombol kirim maka semua surat elektronik yang telah di desain langsung terkirim,     begitu cepat. 
b. Jangkauan. Surat elektronik sebagai alat yang ideal untuk pemasaran langsung terutama dengan           target pasar yang tersebar dibeberapa lokasi geografis.  

c. Hemat, Biaya yang dikeluarkan sangat murah dibandingkan dengan pilihan pemasaran tradisional      seperti media cetak, televisi dan radio,  Hemat biaya karena buget yang dikeluarkan per kontak            surat elektronik ditambah dengan berlangganan bulanan aplikasi/layanan surat elektronik dan biaya    koneksi yang digunakan untuk mendistribusikan surat elektronik sangat murah jika dibandingkan         dengan  media cetak dan ongkos pengirimannya. 
d. Membangun/menjalin hubungan, dengan mengirim surat elektronik kepada konsumen secara              teratur dari waktu ke waktu. konsumen merasa diperhatikan, dimana hal tersebut merupakan kunci     untuk menjalin hubungan. Nawala (Newsletter) merupakan contoh tentang bagaimana surat                 elektronik pemasaran dapat tetap menjaga hubungan dengan konsumen. 
e. Meningkatkan  trafik(tingkat/banyaknya kunjungan pengguna). Surat elektronik dapat  membantu      meningkatkan kunjungan pengguna internet ke website perusahaan hal ini terjadi ketika konsumen      mengklik link konten yang mengarahkan ke website perusahaaan tersebut. 
Terdapat 2 jenis surat elektronik komersial yaitu: 
a) Surat elektronik promosi(email promotion) 
Merupakan alat komunikasi berupa Surat elektronik yang  dirancang dan dibuat berdasarkan tujuan tertentu, dimana konsumen diharapkan langsung melakukan tindakan atas informasi yang dikirimkan, biasanya berisikan informasi penawaran produk, diskon, musik gratis, voucher dan lain-lain. 
b) Retention-based e-mails(newsletter/nawala) 
Merupakan alat komunikasi berupa Surat elektronik yang digunakan dalam memberikan informasi mengenai perusahaan, baik menyangkut produk, orang yang terlibat, serta informasi lain yang dapat membantu  berhubungan dengan urusan bisnisnya. Pengiriman newsletter secara teratur memungkinkan pihak yang terkait terjaga kelangsungan hubungannya dalam waktu yang lama. 
Ketika anda melakukan suatu transaksi dengan suatu perusahaan maka perusahaan akan mengirimkan surat elektronik komersial dan surat elektronik transaksi(Transaction email). Surat elektronik transaksi berisikan informasi-informasi transaksi seperti konfirmasi pengiriman barang, informasi bagaimana barang harus dikembalikan jika terdapat kesalahan atau produk yang tidak sesuai. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar