PEMASARAN MENGGUNAKAN SURAT ELEKTRONIK (Email Marketing)
Setelah mempelajari kegiatan belajar 5 peserta didik mampu:
1. Menjelaskan pengertian email marketing
2. Mengidentifikasi bagian-bagian surat elektronik
3. Memahami etika dan klasifikasi surat elektronik
4. Membuat, mengoperasikan dan memanfaatkan surat elektronik untuk pemasaran
B. Uraian Materi
1. Konsep Email Marketing
Sumber www.posindonesia.co.id dan http://tindaktandukarsitek.wordpress.com/
Pengguna internet di dunia menurut www.Internetwordstats.com mencapai 2
milyar lebih lihat Gambar 5.2, dan itu merupakan pangsa pasar yang
sangat besar.
Sumber: www.Internetwordstats.com
Dengan perkiraan 294 miliar surat elektronik yang dikirim setiap hari
dan lebih dari 1,9 miliar pengguna surat elektronik di seluruh dunia
maka surat elektronik menjadi salah satu teknik marketing yang sangat
baik.
Email
marketing adalah teknik pemasaran menggunakan media internet dan surat
elektronik dengan tujuan menjalin hubungan dan menyampaikan pesan
pemasaran (promosi) untuk menarik pelanggan
Pemasaran menggunakan surat
elektronik memiliki tujuan untuk menjual, mempromosikan,
menginformasikan, menjalin hubungan serta membujuk konsumen yang dikemas
dalam bentuk newsletter atau surat elektronik promosi.
Beberapa alasan mengapa surat elektronik menjadi salah satu teknik pemasaran
yaitu:
a. Cepat dan sederhana. surat elektronik dapat dikirim dalam skala
besar(banyak konsumen), konten atau isi surat elektronik dapat
dibuat berbeda-beda sesuai dengan detail kontak konsumen. Hanya
dengan menekan tombol kirim maka semua surat elektronik yang telah di
desain langsung terkirim, begitu cepat.
b. Jangkauan. Surat elektronik sebagai alat yang ideal untuk pemasaran
langsung terutama dengan target pasar yang tersebar dibeberapa
lokasi geografis.
c. Hemat, Biaya yang dikeluarkan sangat murah dibandingkan dengan
pilihan pemasaran tradisional seperti media cetak, televisi dan
radio, Hemat biaya karena buget yang dikeluarkan per kontak
surat elektronik ditambah dengan berlangganan bulanan aplikasi/layanan
surat elektronik dan biaya koneksi yang digunakan untuk
mendistribusikan surat elektronik sangat murah jika dibandingkan
dengan media cetak dan ongkos pengirimannya.
d. Membangun/menjalin hubungan, dengan mengirim surat elektronik kepada
konsumen secara teratur dari waktu ke waktu. konsumen
merasa diperhatikan, dimana hal tersebut merupakan kunci untuk
menjalin hubungan. Nawala (Newsletter) merupakan contoh tentang
bagaimana surat elektronik pemasaran dapat tetap menjaga
hubungan dengan konsumen.
e. Meningkatkan trafik(tingkat/banyaknya kunjungan pengguna). Surat
elektronik dapat membantu meningkatkan kunjungan pengguna internet
ke website perusahaan hal ini terjadi ketika konsumen mengklik
link konten yang mengarahkan ke website perusahaaan tersebut.
Terdapat 2 jenis surat elektronik komersial yaitu:
a) Surat elektronik promosi(email promotion)
Merupakan alat komunikasi berupa Surat elektronik yang dirancang dan
dibuat berdasarkan tujuan tertentu, dimana konsumen diharapkan langsung
melakukan tindakan atas informasi yang dikirimkan, biasanya berisikan
informasi penawaran produk, diskon, musik gratis, voucher dan
lain-lain.
b) Retention-based e-mails(newsletter/nawala)
Merupakan alat komunikasi berupa Surat elektronik yang digunakan dalam
memberikan informasi mengenai perusahaan, baik menyangkut produk, orang
yang terlibat, serta informasi lain yang dapat membantu berhubungan
dengan urusan bisnisnya. Pengiriman newsletter secara teratur
memungkinkan pihak yang terkait terjaga kelangsungan hubungannya dalam
waktu yang lama.
Ketika anda melakukan suatu transaksi dengan suatu perusahaan maka
perusahaan akan mengirimkan surat elektronik komersial dan surat
elektronik transaksi(Transaction email). Surat elektronik transaksi
berisikan informasi-informasi transaksi seperti konfirmasi pengiriman
barang, informasi bagaimana barang harus dikembalikan jika terdapat
kesalahan atau produk yang tidak sesuai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar