Pengertian dan Manfaat Email Marketing
Seputar Marketing – Pada
era digital saat ini hampir semua orang memiliki email (surat
elektronik) untuk beragam keperluan, baik itu untuk keperluan kerja,
bisnis, media sosial, hingga transaksi online.
Di dunia internet marketing, memanfaatkan email list untuk pemasaran
adalah salah satu strategi marketing yang sangat efektif, karena
penawaran kita bisa langsung masuk ke inbox email calon pelanggan dan
dibaca oleh mereka.
Pengertian Email Marketing

Email marketing adalah cara pemasaran yang sering dilakukan oleh para
pelaku bisnis online dengan memanfaatkan media email (surat
elektronik). Email marketing dikirimkan kepada calon pelanggan yang
belum pernah membeli produk, dan juga kepada yang sudah menjadi
pelanggan. Selain mengirimkan email penawaran produk ke calon pembeli,
media email juga sering digunakan sebagai media untuk menjalin hubungan
baik dengan para subscriber melalui email news letter.
Dengan email marketing, seorang pengusaha dapat selalu terhubung
dengan pelanggan ataupun calon pelanggan mereka secara terus menerus.
Selain untuk menawarkan produk, email marketing juga dapat membuat
hubungan antara pebisnis dengan para pelanggan mereka tetap terjaga
dengan baik dalam jangka panjang.
Jenis Email Marketing
Ada beberapa jenis email marketing yang dilakukan oleh para pengusaha
online, seperti direct email, retention email, dan beriklan di email
list orang lain.
Direct email adalah pesan yang Anda kirim ke list email pelanggan
dimana email tersebut adalah berisi pesan penawaran atau promosi. Direct
email bisa dalam bentuk teks saja atau bisa juga dalam bentuk HTML yang
berisi pesan dalam bentuk multimedia yang menarik.
Retention email adalah email yang dikirimkan kepada pelanggan lama
agar tetap terhubung dengan bisnis yang dijalankan. Isi pesan retention
email biasanya bertujuan untuk menjaga hubungan baik antara pengusaha
dan para pelanggan, ini adalah salah satu cara berbeda untuk menawarkan
produk ke pelanggan. Dengan begitu, kita akan lebih mudah untuk
memasarkan produk atau jasa baru kepada para pelanggan dengan pendekatan
yang unik.
- Beriklan di Email Orang Lain
Jenis ini adalah salah satu bentuk marketing yang sangat efektif
dalam pemasaran secara online. Bagi kita yang belum memiliki banyak
email list dan subscriber, kita bisa memanfaatkan email list dari
publisher lain dengan membayarkan sejumlah uang kepada mereka agar mau
mengirimkan email kepada list mereka, dimana di dalam email tersebut
terdapat pesan promosi bisnis kita.
Manfaat Email Marketing
- Bersifat Pribadi
Email marketing yang bersifat pribadi/personal biasanya akan mendapat
perhatian lebih besar dari para pelanggan atau calon pelanggan. Saat
pelanggan/calon pelanggan merasa nyaman menerima email dari kita, maka
akan jauh lebih mudah untuk menawarkan apa pun pada mereka melalui email
yang kita kirimkan.
- Informasi Terkirim Lebih Cepat
Mengirimkan pesan promosi atau penawaran melalui media surat pos
biasanya jauh lebih lama dibandingkan dengan email. Ditambah lagi, kita
juga harus menunggu respons pelanggan melalui surat yang mereka kirimkan
melalui pos, pasti akan memakan waktu lama dan tidak efektif. Dengan
email marketing, kita bisa menjangkau para pelanggan dalam waktu yang
sangat cepat langsung ke email pribadi mereka, sehingga hasilnya akan
kita dapatkan lebih cepat.
- Biaya Jauh Lebih Murah
Kita membutuhkan layanan dari penyedia email responder, namun biaya
ini akan jauh lebih murah dan efektif dibandingkan jika kita menggunakan
surat fisik. Tingkat responsif direct mail biasanya lebih tinggi,
itulah sebabnya mengapa email marketing sangat menguntungkan.
- Kampanye Dapat Diukur
Kampanye yang kita lakukan melalui email marketing dapat kita ukur
dengan baik, karena kita dapat melihat berapa email yang terkirim pada
pelanggan dan bagaimana respons pelanggan tersebut. Dengan begitu, kita
bisa melakukan analisa lebih baik terhadap kampanye yang dilakukan dan
bisa segera melakukan perubahan pada kampanye saat diperlukan.
- Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan
Kita bisa dengan mudah menjalin hubungan baik dengan para pelanggan
dan calon pelanggan melalui email marketing. Email yang kita kirimkan
bisa berupa tips, informasi penting, promosi produk, dan lain-lain,
dengan cara yang lebih mudah.
Banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan dari email marketing ini,
maka Anda tentunya harus membangun email list para pelanggan dan calon
pelanggan Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar