TIGA MANFAAT UTAMA PEMASARAN ONLINE MENURUT KOTLER
Menurut
Kotler,layanan online menjadi begitu populer karena, pertama, mereka
memberikan tiga manfaat utama bagi pembeli potensial:
• Kemudahan
Pelanggan
dapat memesan produk 24 jam sehari di mana mereka berada. Mereka tidak
harus berkendara, mencari tempat parkir, danberjalan melewati gang yang
panjang untuk mencari dan memeriksa barang-barang. Dan mereka tidak
harus berkendara ke toko, hanya untuk menemukan bahwa barang yang dicari
sudah habis.
• Informasi
Pelanggan
dapat memperoleh setumpuk informasi komparatif tentang perusahaan,
produk, dan pesaing tanpa meninggalkan kantor atau rumah mereka. Mereka
dapat memusatkan perhatian pada kriteria objektif seperti harga,
kualitas, kinerja, dan ketersediaan.
• Rongrongan yang lebih sedikit
Dengan layanan online, pelanggan tidak perlu menghadapi atau melayani bujukan dan faktor-faktor emosional.
Layanan online juga memberikan sejumlah manfaat bagi pemasar:
• Penyesuaian yang cepat terhadap kondisi pasar
Perusahaan dapat dengan cepat menambahkan produk pada penawaran mereka serta mengubah harga dan deskripsi.
• Biaya yang lebih rendah
Pemasar
online mencegah biaya pengelolaan toko dan biaya sewa, asuransi, dan
prasarana yang menyertainya. Mereka dapat membuat katalog digital dengan
biaya yang jauh lebih rendah daripada biaya percetakan dan pengiriman
katalog kertas.
• Pemupukan hubungan
Pemasar
online dapat berbicara dengan pelanggan dan belajar lebih banyak dari
mereka. Pemasar juga dapat meng-upload laporan yang berguna, atau demo
gratis perangkat lunak mereka, atau contoh gratis surat berkala mereka
ke dalam sistem. Pelanggan kemuian dapat men-download perangkat-
perangkat tersebut ke dalam kotak surat elektronik mereka.
• Pengukuran besar pemirsa
Pemasar
dapat mengetahui berapa banyak orang yang mengunjungi situs online
mereka dan berapa banyak yang singgah di tempat tertentu dalam situs
tersebut. Informasi ini dapat membantu pemasar meningkatkan penawaran
dan iklan mereka.
Jelaslah,
pemasar akan berpikir untuk menggunakan layanan online dalam mencari,
menjangkau, berkomunikasi, dan menjual. Pemasaran online memiliki
sekurang-kurangnya empat manfaat besar. Pertama baik perusahaan besar
maupun kecil dapat membiayainya. Kedua, tidak ada keterbatasan riil
tempat iklan, berbeda dengan media cetak dan siaran. Ketiga, akses dan
pengambilan informasi yang cepat, dibandingkan surat overnight dan
bahkan fax. Dan keempat, belanja dapat dilakukan secara pribadi dan
cepat. Namun, pemasaran online tidak untuk semua perusahaan atau untuk
semua produk; pertimbangan harus dibuat jika, kapan, dan bagaimana ia
harus dilaksanakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar