Senin, 14 Januari 2019

KEUNTUNGAN FACEBOOK DALAM PEMASARAN


Manfaat Facebook dalam Pemasaran

downloadSiapa yang sekarang masih belum mempunyai akun facebook? Saya rasa sebagian besar warga indonesia sudah memiliki akun facebook pribadi. Terlebih bagi para remaja, dewasa maupun yang sudah lebih dewasa. Semua memiliki akun facebook. Tapi, masalahnya tidak semua pengguna facebook dapat memanfaatkannya untuk sesuatu yang berarti bagi hidupnya. Mereka hanya menggunakan facebook untuk curhat, berbagi kesedihan, keluh-kesah, luapan emosi, dan hal lain yang sebenarnya hanya akan memberi citra negatif pada dirinya.
Ada banyak manfaat yang sebenarnya bisa diperoleh dengan media sosial ini, selain membantu menemukan orang teman lama, juga beberapa hal berikut akan kamu dapatkan apabila berani menggunakannya dengan bijak:
  • Branding
branding-media-sosial-e1430404713134Brand merupakan nama besar yang dimiliki suatu produk maupun perusahaan. Branding merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk memperbesar atau membangun brand itu sendiri. Dengan facebook, dapat dengan mudah memperkenalkan brand kepada masyarakat. Dengan membagikan halaman atau informasi mengenai produk maupun perusahaan anda, akan semakin meningkatkan branding produk anda di masyarakat. Terlebih bila anda menggunakan halaman sebagai kegiatan anda. Dengan menggunakan halaman, jumlah “like” anda bisa lebih dari batas pertemanan akun facebook yaitu 5000.
  • Customer Engagement
Konsumen yang merasa puas pada pelayanan yang diberikan, akan menjadi loyal kepada perusahaan. Inilah yang banyak dicari oleh prusahaan yaitu, keloyalan konsumen kepada perusahaan. Meraih keloyalan konsumen tidak dapat diraih hanya melalui website tetapi dengan menggunakan facebook akan lebih mengena kepada personal konsumen. Hal ini akan banyak menciptakan interaksi berkelanjutan. Interaksi inilah yang akan menciptakan budaya perilaku brand Anda kepada pengunjung, menciptakan pelanggan yang loyal, yang lebih tersentuh pada produk maupun perusahaan anda.
  • Drive Web Trafick
Traffic-boosting-waysDengan menggunakan akun facebook (facebook page), pengunjung akan semakin terarah pada halaman website anda terlebih anda membagikan alamat website anda di sana sehingga akan meningkatkan jumlah kunjungan dan “like” pada halaman anda. Dengan semakin meningkatnya jumlah kunjungan akan berdampak positif terhadap peningkatan jumlah calon konsumen anda yang pada ujungnya juga peningkatan konsumen anda.
  •  Reputation Management
Melalui facebook, kita dapat memberikan setiap informasi mengenai produk maupun perusahaan kita kepada pengunjung. Facebook membantu kita dalam menyampaikan informasi kepada pelanggan termasuk juga memperoleh informasi dari komentar atau tanggapan pelanggan terhadap apa yang kita kirim. Dengan ini akan lebih mendekatkan hubungan antara perusahaan dan konsumen. Selain itu dengan mendengarkan tanggapan konsumen, kita bisa memperbaiki diri (produk) yang ada.
  • Acquisition of New Customers
download (1)Salah satu keuntungan umum menggunakan media sosial atau jejaring sosial adalah terjamahnya mereka yang tidak dapat ditemukan melalui startegi marketing offline. Dengan menggunakan media sosial akan membuka peluang untuk mendapatkan konsumen baru.
  • Generation of Business Leads
Leads adalah seseorang atau organisasi yang menunjukkan ketertarikan terhadap produk atau jasa layanan anda. Dengan menggunakan facebook sebagai media promosi keuntungan lainnya adalah menciptakan potensi leads.
  • Clients/ Customer Retention
customer-retention-strategiesFacebook memungkinkan Anda jalan lain untuk berhubungan dengan klien dan pelanggan dan ketika mereka merasa dihargai lebih cenderung untuk tinggal klien atau pelanggan. Meningkatkan tingkat retensi pelanggan dengan mendengarkan apa yang klien Anda dan pelanggan inginkan. Facebook menjadikan hubungan anda lebih erat dengan konsumen.
  • Acces to Social Networking
Apabila anda masih belum “on-line” dalam memasarkan sebuah produk, itu dapat diartikan bahwa anda kurang antusias dalam memasarkan produk anda. Kebanyakan orang mendapatkan informasi melalui internet. Dengan menggunakan facebook anda sama saja dengan beljar menguasai informasi karena banyak informasi yang diberikan dalam facebook baik mengenai konsumen anda maupun mengenai pesaing anda.
  • Viral Marketing
downloadViral marketing menjadikan pemasaran lebih efektif dan efisien. emasaran terbaru dan mendapatkan nama Anda di luar sana banyak yang cepat dan orang. Dengan facebook, konsumen dapat dengan mudah membagi (share) konten anda, Dengan semakin banyak dibagikan akan semakin banyak pula orang yang akan terjangkit “virus” dari isi konten anda tersebut.
  • Brand Awarness
Kesadaran konsumen akan produk mauapun perusahaan anda merupakan hal penting yang perlu dipertahankan dan diperjuangkan. Dengan menggunakan facebook, konsumen dapat senantiasa melihat bahwa produk anda masih eksis di pasaran dengan grafik penjualan yang semakin meningkat.
  • Customer Feedback
imagesTanggapan konsumen mungkin beragam. Ada yang suka, ada yang kurang suka bahkan mungkin ada yang sama sekali tidak suka. Namun dengan facebook, kita bisa menggali pendapat mereka tentang alasan mereka memilih atau tidak memilih produk kita dengan suasana lebih santai. Selain kita bisa mendekatkan diri pda konsumen, kita juga bisa belajar tentang apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh konsumen.
  • Targeted Advertising Option
Facebook juga memiliki opsi untuk bisnis yang ingin menjangkau masyarakat yang tepat dan berhubungan dengan orang-orang nyata. Iklan facebook adalah elemen baru ke Facebook dan merupakan layanan berbayar yang cepat dan mudah, ditargetkan untuk demografis yang tepat dan dilacak sehingga Anda dapat melihat hasilnya.
Setelah mengetahui manfaat dari facebook dalam pegembangan usaha, MASIH cuma mau gunakan facebook untuk komen- komenan? Atau curhat galau-galauan? Saatnya memanfaatkan media demi kemajuan pribadi. Jangan mau kalah dengan perkembangan media. Kalau mau bukti coba cek Facebook dari BiruDaun Web Studio. Anda pasti akan berminat dan tertarik juga untuk menggunakanya. Selamat menjadi sejajar dengan perkembangan postifi media sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar